Selamat datang di Software RX.

< NOBR>Software RX

Sebuah Blog yang menyediakan Beberapa Software gratis yang dibutuhkan dalam bekerja dan belajar. Slamat mencoba di Sotware RX SEmoga bermanfaat.

RPP

Diposkan oleh adam rx Senin, 20 September 2010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas / Semester : VI / I

Alokasi Waktu :18 x 35 menit

Pert. 7 – 12 (6 minggu)


  1. Standar Kompetensi : Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan
    alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua.
  2. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan kenampakan alam dan keadaan sosial
    negara-negara tetangga
    III. Indikator : - menunjukan tentang kenampakan alam dan keadaan sosial
    negara-neara tetangga
    - membandingkan kenampakan alam keadaan sosial negara-
    negara tetangga.

    IV. Materi Pokok
    Kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga.

    V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 7-12)
    Pertemuan 7-9
    - Menjelaskan tentang kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga
    - Tanya jawab dan observasi tentang kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga
    Pertemuan 10-12
    - Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
    - Mendiskusikan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga

    VI. Alat Dan Sumber Bahan
    - Peta, atlas
    - Globedan Buku yang relevan

    VII. Penilaian
    - Tes tertulis : Uraian
    - Pengamatan / perbuatan


    Mengetahui, Demak, ………………………20…….
    Kepala Sekolah Guru Kelas



    ………………………. ……………………….
    NIP. ………………… NIP. …………………

    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

    Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
    Kelas / Semester : VI / I
    Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
    Pert. 1 – 6 (6 minggu)


    I. Standar Kompetensi : Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan
    alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara
    serta benua-benua.
    II. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan perkembangan system administrasi wilayah
    Indonesia
    III. Indikator : - Menjelaskan perkembangan system administrasi wilayah
    Indonesia
    - Menunjukan perkembangan system administrasi wilayah
    Indonesia dalam Peta / globe
    - Membandingkan perkembangan system administrasi wilayah
    Indonesia dengan Negara-negara tetangga.
    IV. Materi Pokok
    Perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia

    V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1-6)
    Pertemuan 1-2
    - Menjelaskan tentang perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
    - Tanya jawab tentang perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
    Pertemuan 1-2
    - Menunjukkan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia dalam peta / atlas, globe
    - Mengamati peta / atlas, globe setelah itu menunjukkan dalam peta/atlas, globe tersebut
    - Tanya jawab.
    Pertemuan 1-2
    - Membandingkan perkembangan sistem administrasiwilayah Indonesia dengan negara-negara tetangga.
    - Mengamati dan mendiskusikan tentang perkembangan sistem admisitrasi wilayah Indonesia dengan negara-negara tetangga.
    - Tugas

    VI. Alat Dan Sumber Bahan
    - Peta
    - Globe
    - Buku yang relevan

    VII. Penilaian
    - Tes tertulis : Uraian
    - Pengamatan / perbuatan


    Mengetahui, Demak, ………………………20…….
    Kepala Sekolah Guru Kelas



    ………………………. ……………………….
    NIP. ………………… NIP. …………………

    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

    Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
    Kelas / Semester : VI / I
    Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
    Pert. 13 – 18 (6 minggu)


    I. Standar Kompetensi : Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan
    alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara
    serta benua-benua.
    II. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi benua-benua
    III. Indikator : - Menunjukkan benua-benua
    - Membedakan benua-benua
    IV. Materi Pokok
    Benua-benua
    V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 13-18)
    Pertemuan 13-15
    - Menunjukan benua-benua
    - Dengan mengadakan pengamatan peta, atlas/globe yang dilanjutkan tanya jawab dan diskusi.
    Pertemuan 16-18
    - Membedakan benua-benua
    - Mengamati peta, atlas/globe dilanjutkan tanya jawab, diskusi, tugas
    VI. Alat Dan Sumber Bahan
    - Peta,
    - Globe
    - Buku yang relevan
    VII. Penilaian
    - Tes tertulis : Uraian
    - Pengamatan / perbuatan


    Mengetahui, Demak, ………………………20…….
    Kepala Sekolah Guru Kelas



    ………………………. ……………………….
    NIP. ………………… NIP. …………………

    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

    Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
    Kelas / Semester : VI / II
    Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
    Pert. 1 – 5 (5 minggu)

    I. Standar Kompetensi : Memahami gejala (peristiwa) di Indonesia dan sekitarnya.
    II. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di
    Indonesia dan negara tetangga
    III. Indikator : - Menemutunjukkan pada peta letak dan nama negara
    tetangga Indonesia.
    - Membandingkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan
    negara-negara lain.

    IV. Materi Pokok
    Gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
    V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1-5)
    Pertemuan 1
    - Pengamatan Peta Asia Tenggara
    - Tanya jawab tentang Peta Asia Tenggara
    - Menemutunjukkan negara-negara Asia Tenggara
    Pertemuan 2
    - Pengamatan Peta Asia Tenggara
    - Mendisusikan negara-negara Asia Tenggara
    - Menggambar peta negara-negara Asia Tenggara
    Pertemuan 3
    - Pengamatan peta Asia Tenggara
    - Mendiskusikan tentang ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
    - Menemutunjukkan ciri-ciri gejala ala Indonesia denga Negara-negara di Asia Tenggara.
    Pertemuan 4
    - Pengamatan peta Asia Tenggara
    - Menyebutkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
    - Tanya jawab ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tanggara.
    Pertemuan 5
    - Kesimpuan guru dan siswa
    - Evaluasi
    VI. Alat Dan Sumber Bahan
    - Gambar peta Indonesia
    - Gambar Peta Asia Tenggara
    VII. Penilaian
    - Tes tertulis : Pilihan ganda, jawab singkat
    - Pengamatan / perbuatan


    Mengetahui, Demak, ………………………20…….
    Kepala Sekolah Guru Kelas



    ………………………. ……………………….
    NIP. ………………… NIP. …………………

    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

    Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
    Kelas / Semester : VI / II
    Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
    Pert. 6 – 9 (4 minggu)


    I. Standar Kompetensi : Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia dan
    sekitarnya.
    II. Kompetensi Dasar : Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam.
    III. Indikator : - Menjelaskan cara-cara menghadapi bencana alam.
    - Menunjukkan jenis-jenis bencana alam.

    IV. Materi Pokok
    Cara menghadapi bencana alam
    V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 6-9)
    Pertemuan 6
    - Menjelaskan tentang cara-cara menghadapi bencana alam
    - Tanya jawab tentang cara-cara menghadapi bencana alam
    - Mendiskusikan tentang cara-cara menghadapi bencana alam
    Pertemuan 7
    - Mengamati gambar bencana alam
    - Menentukan cara-cara menghadapi bencana alam
    - Mendiskusikan bantuan yang sesuai dengan bencana alam yang terjadi
    Pertemuan 8
    - Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu
    - Menjelaskan tentang jenis-jenis bencana alam
    - Mendiskusikan penyebab tiap jenis bencana alam
    Pertemuan 9
    - Kesimpulan guru da siswa
    - Evaluasi

    VI. Alat Dan Sumber Bahan
    - Gambar peta Indonesia
    - Gambar Peta Asia Tenggara
    VII. Penilaian
    - Tes tertulis : jawab singkat, uraian
    - Pengamatan / perbuatan


    Mengetahui, Demak, ………………………20…….
    Kepala Sekolah Guru Kelas



    ………………………. ……………………….
    NIP. ………………… NIP. …………………

    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

    Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
    Kelas / Semester : VI / II
    Alokasi Waktu : 15 x 35 menit
    Pert. 10 – 14 (4 minggu)


    I. Standar Kompetensi : Memahami peranan Indonesia di era globalisasi
    II. Kompetensi Dasar : Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi dan
    dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan Bangsa
    Indonesia
    III. Indikator : - Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi.
    - Menunjukkan contoh perubahan perilaku masyarakat
    sebagai dampak globalisasi (Misalnya : gaya hidup,
    makanan, pakaian, komunikasi, perjalanan nilai-nilai dan
    tradisi).
    IV. Materi Pokok
    Peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak positif serta negatifnya terhadap keidupan bangsa Indonesia.
    V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 10-14)
    Pertemuan 10
    - Tanya jawab tentang materi Yang telah diajarkan
    - Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi
    - Mendiskusikan peranan Indonesia pada era globalisasi.
    Pertemuan 11
    - Tanya jawab tentang materi Yang telah diajarkan
    - Menjelaskan contoh-contoh perubahan perilaku masyarakat sebagai dampak globalisasi.
    - Mendiskusikan contoh-contoh perubahan pada era globalisasi.
    Pertemuan 12
    - Tanya jawab tentang materi Yang telah diajarkan
    - Menjelaskan dampak positif terhadap kehidupan bangsa Indonesia akibat globalisasi
    - Mendiskusiakan dampak positif globalisasi terhadap kehidupan bangsa Indonesia.
    Pertemuan 13
    - Tanya jawab tentang materi Yang telah diajarkan
    - Menjelaskan dampak negatif terhadap kehidupan bangsa Indonesia akibat globalisasi
    - Mendiskusikan dampak negatif globalisasi terhadap kehidupan bangsa Indonesia.
    Pertemuan 14
    - Kesimpuan guru dan siswa
    - Evaluasi
    VI. Alat Dan Sumber Bahan
    - Gambar pabrik tekstil
    - Gambar kilang minyak
    VII. Penilaian
    - Tes tertulis : jawab singkat, Pilihan ganda, Uraian
    - Pengamatan / perbuatan

    Mengetahui, Demak, ………………………20…….
    Kepala Sekolah Guru Kelas


    ………………………. ……………………….
    NIP. ………………… NIP. …………………

    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

    Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
    Kelas / Semester : VI / II
    Alokasi Waktu : 15 x 35 menit
    Pert. 15 – 18 (4 minggu)


    I. Standar Kompetensi : Memahami peranan Indonesia di era globalisasi mengenai
    manfaat ekspor dan impor di Indonesia.
    II. Kompetensi Dasar : Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai
    kegiatan ekonomi antar bangsa.
    III. Indikator : - Menemutunjukkan barang yang di Ekspor dan di Impor oleh
    Indonesia.
    - Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan pertukaran barang-
    barang antara Indonesia dan luar negeri.
    - Menunjukkan manfaat adanya pertukaran barang antara
    Indonesia dan luar negeri.
    IV. Materi Pokok
    Gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
    V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1-5)
    Pertemuan 1
    - Pengamatan Peta Asia Tenggara
    - Tanya jawab tentang Peta Asia Tenggara
    - Menemutunjukkan negara-negara Asia Tenggara
    Pertemuan 2
    - Pengamatan Peta Asia Tenggara
    - Mendisusikan negara-negara Asia Tenggara
    - Menggambar peta negara-negara Asia Tenggara
    Pertemuan 3
    - Pengamatan peta Asia Tenggara
    - Mendiskusikan tentang ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
    - Menemutunjukkan ciri-ciri gejala ala Indonesia denga Negara-negara di Asia Tenggara.
    Pertemuan 4
    - Pengamatan peta Asia Tenggara
    - Menyebutkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
    - Tanya jawab ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tanggara.
    Pertemuan 5
    - Kesimpuan guru dan siswa
    - Evaluasi
    VI. Alat Dan Sumber Bahan
    - Gambar peta Indonesia
    - Gambar Peta Asia Tenggara
    VII. Penilaian
    - Tes tertulis : Pilihan ganda, jawab singkat
    - Pengamatan / perbuatan
    Mengetahui, Demak, ………………………20…….
    Kepala Sekolah Guru Kelas
………………………. ………………………. NIP. ………………… NIP. …………………

ADAM RX. Diberdayakan oleh Blogger.

oh belog